Berita Palestina

Dana Pensiun Swasta Inggris Tarik Investasi dari israel

Dana pensiun sektor swasta terbesar di Inggris, Universities Superannuation Scheme (USS), telah menarik investasi sebesar £80 juta ( setara Rp 1,6 T) dari aset-aset israel, mengikuti tren global penarikan dana pensiun dari wilayah tersebut di tengah tekanan publik.

Menurut Financial Times, dana sebesar £79 miliar, yang melayani lebih dari 500.000 anggota, telah secara signifikan mengurangi investasinya pada obligasi dan mata uang pemerintah israel selama enam bulan terakhir. Keputusan tersebut diambil setelah adanya tekanan terus-menerus dari para anggota yang prihatin dengan catatan hak asasi manusia israel di wilayah pendudukan Palestina setelah dimulainya perang dengan Hamas tahun lalu. USS sebelumnya telah melakukan divestasi dari industri seperti tembakau dan pertambangan batu bara termal karena risiko keuangan.

Anggota USS sebagian besar adalah profesional di sektor pendidikan tinggi, termasuk staf pengajar di institusi terkenal seperti Universitas Oxford dan Cambridge.

Dalam laporan tahunan terbarunya, yang dirilis bulan lalu, USS menekankan “kewajiban hukumnya untuk berinvestasi demi kepentingan finansial terbaik bagi anggota dan penerima manfaat kami.” Laporan tersebut juga mencatat bahwa dana tersebut telah mengurangi investasinya di Timur Tengah karena munculnya risiko keuangan.

Apalagi, University and College Union (UCU) yang mewakili anggota USS menyatakan sebelumnya telah menyampaikan keprihatinannya kepada dana pensiun terkait investasi pada perusahaan yang terdaftar di PBB sebagai pelanggar hukum internasional. “Kami menyambut baik apa yang telah mereka lakukan dengan melepas obligasi dan mata uang pemerintah israel, namun kami ingin mereka melangkah lebih jauh dan mendivestasikan perusahaan-perusahaan yang mendukung pemerintah israel dalam konflik di Gaza,” kata Dooley Harte, perwakilan UCU.

Keputusan USS untuk mengurangi investasinya di israel mengikuti tindakan yang diambil oleh dana pensiun besar global lainnya, sebagai respons terhadap tekanan yang didorong oleh anggota. Pada bulan Juni, manajer pensiun swasta terbesar di Norwegia, KLP, mengumumkan penjualan saham raksasa industri AS Caterpillar senilai hampir $70 juta, dengan alasan kekhawatiran bahwa peralatannya digunakan untuk melanggar hak asasi manusia Palestina. Demikian pula dengan Pension Denmark, salah satu dana pensiun terbesar di Denmark dengan lebih dari 800.000 anggota, telah melakukan divestasi penuh dari bank-bank israel.

Di Inggris, dana pensiun sektor publik juga menghadapi tekanan yang semakin besar untuk melakukan divestasi dari perusahaan-perusahaan yang memasok senjata ke israel.

Meskipun terdapat divestasi, konflik yang sedang berlangsung telah menciptakan peluang investasi bagi pihak lain. Pada bulan Mei, Financial Times melaporkan bahwa beberapa dewan kota di AS telah menjadi pembeli setia obligasi israel. Menurut israel Bonds, penjamin emisi utang resmi, lebih dari $3 miliar obligasi israel telah terjual secara global sejak perang dimulai pada 7 Oktober, tiga kali lipat dari penjualan tahunan biasanya. (is/knrp)

Leave A Comment

Your Comment
All comments are held for moderation.