Berita Palestina

Perundingan Gencatan Senjata Gaza Dimulai Kembali di Doha

Doha – Qatar pada Kamis (15/8) mengumumkan dimulainya kembali pembicaraan gencatan senjata di Jalur Gaza, di ibu kota Qatar, Doha, seperti yang dilansir oleh laman situs aljazeera.net.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Qatar Majid Al-Anshori. Ia mengumumkan bahwa pembicaraan terus berlanjut dan akan kembali dilanjutkan pada hari Jum’at (16/8).

Dalam lansiran situs berita Jerman DW pada Jum’at (16/8), ia mengatakan bahwa para mediator dari Qatar, Mesir, dan Amerika Serikat (AS) sedang berupaya untuk mencapai gencatan senjata yang akan memfasilitasi pembebasan para sandera dan memungkinkan masuknya bantuan kemanusiaan sebanyak mungkin ke Gaza.

Hamas, yang memerintah Gaza, menolak untuk menghadiri sesi pembicaraan terakhir. Sebaliknya, mereka mengatakan bahwa para mediator harus memberlakukan persyaratan dan “memaksa” penjajah israel untuk mematuhinya.

Juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, menyebut perundingan tersebut sebagai langkah penting, tetapi mengatakan bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan mengingat kompleksitas dari setiap kesepakatan yang mungkin terjadi.

Sementara itu, Inggris dan Prancis mengumumkan bahwa menteri luar negeri mereka akan melakukan kunjungan bersama ke wilayah tersebut mulai hari Jumat (16/08), ketika para diplomat internasional mencoba untuk meredam ketegangan di Timur Tengah. (wm/knrp)

Leave A Comment

Your Comment
All comments are held for moderation.