Berita Palestina

PBB : Negara Pemasok Bantuan Untuk israel Otomatis Terlibat Genosida

Studi yang dilakukan oleh Data Desk dan ditugaskan oleh Oil Change International, melacak 65 pengiriman minyak dan bahan bakar ke israel antara tanggal 21 Oktober 2023 dan 12 Juli 2024. Studi ini mengungkapkan bahwa meskipun ada keputusan ICJ pada tanggal 26 Januari yang menetapkan bahwa warga Palestina di Gaza telah menjadi sasaran sebuah genosida yang masuk akal, banyak negara dan perusahaan terus memasok minyak ke israel, yang berpotensi memicu operasi militernya di Gaza.

Penelitian ini mengidentifikasi beberapa pemasok utama, dengan Azerbaijan muncul sebagai sumber utama, menyediakan 28 persen pasokan minyak mentah melalui pipa Baku-Tbilisi-Ceyhan (BTC). Pemasok penting lainnya termasuk Kazakhstan, Gabon, Nigeria, Brasil, Republik Kongo, dan Italia. Khususnya, AS tetap menjadi pemasok penting bahan bakar jet JP8, yang penting untuk operasi pesawat militer israel.

Francesca Albanese, pelapor khusus PBB untuk wilayah pendudukan Palestina, mengeluarkan peringatan keras sebagai tanggapan atas temuan tersebut: “Setelah keputusan ICJ pada tanggal 26 Januari, negara-negara tidak dapat mengklaim bahwa mereka tidak tahu risiko apa yang harus mereka ambil.” Dia menekankan bahwa berdasarkan hukum internasional, negara mempunyai kewajiban untuk mencegah genosida dan menghormati serta memastikan penghormatan terhadap konvensi Jenewa.

Keterlibatan perusahaan-perusahaan minyak internasional besar juga mendapat sorotan. Laporan tersebut menyoroti bahwa Chevron, BP, ExxonMobil, Shell, Eni dan TotalEnergies secara kolektif memasok 35 persen minyak mentah ke israel melalui operasi dan kepemilikan saham mereka di berbagai proyek.

Dr Irene Pietropaoli, Senior Fellow di bidang Bisnis dan Hak Asasi Manusia di British Institute of International and Comparative Law, memberikan wawasan ahli mengenai potensi konsekuensi hukum: “Perusahaan yang memasok bahan bakar jet dan minyak ke israel mungkin memberikan dukungan material kepada militer, karena menyadari adanya hal tersebut. dampak buruknya yang dapat diperkirakan, dan oleh karena itu berisiko terlibat dalam kejahatan perang, genosida, dan kejahatan lainnya berdasarkan hukum internasional.”

Negara-negara dan perusahaan-perusahaan yang terus memasok bahan bakar ke israel kemungkinan besar terlibat dalam kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan, sehingga membuat mereka rentan dituntut berdasarkan hukum internasional. (is/knrp)

Leave A Comment

Your Comment
All comments are held for moderation.