7 Negara Arab Sampaikan Keberatannya atas Keputusan Menerima israel Sebagai Anggota Uni Afrika

knrp.org – Istanbul. 7 negara Arab Uni Afrika menyampaikan keberatannya atas keputusan mengizinkan penjajah israel, menjadi pengamat di organisasi kontinental tersebut, seperti yang dilansir oleh laman situs aa.com.tr, Selasa (3/8/2021). Sikap ini diikuti oleh 5 negara arab lainnya dan liga arab.

Pada 22 Juli lalu, Menteri Luar Negeri penjajah israel mengumumkan, bahwa Duta Besar penjajah israel untuk Ethopia Admasu Al-Ali, telah menyerahkan mandatnya sebagai anggota pengamat di Uni Afrika, tanpa menjelaskan latar belakang perkembangan ini.

Media-media arab, seperti surat kabar Al-Masry Al-Youm dan situs “Al-Shahra Media” Mauritania, melansir bahwa Kedutaan besar Mesir, Aljazair, Komoro, Tunisia, Djibouti, Mauritania dan Libya di Ibukota Ethiopia, Addis Ababa (markas besar Uni) menyerahkan catatan lisan ke Ketua Komisi Uni Afrika Moussa Fakki. Cacatan tersebut menyatakan keberatan terhadap keputusan menerima penjajah israel sebagai anggota pengamat di Uni Afrika dan menegaskan menolak langkah ini sebagai dukungan Uni Afrika terhadap permasalahan Palestina.

Menurut catatan lisan yang diberikan, bahwa permintaan israel tidak dipertimbangkan menurut sistem Uni Afrika dan sebagai hal yang melanggar procedural serta kebijakan, yang tidak dapat diterima oleh Ketua Komisi atas kebijakannya.

Catatan tersebut merupakan penolakan secara resmi atas keputusan penerimaan ini dan meminta hal tersebut dimasukkan dalam agenda diskusi. Sementara itu, Kedutaan Yordania, Kuwait, Qatar, Yaman dan utusan Liga Arab di Addis Ababa menegaskan solidaritas mereka dengan tujuh kedutaan dalam hal ini. (wm)

250 Tawanan Palestina Mulai Lakukan Aksi Mogok Makan

knrp.org - Ramallah. 250 orang tawanan Palestina di penjara-penjara penjajah...

israel Abaikan Pengobatan Mendesak Tawanan Palestina Iyad Haribat

knrp.org – Palestina. Kelompok-kelompok Hak Asasi Manusia mengatakan, bahwa Layanan...