KNRP Sampaikan Pentingnya Membangung Solidaritas Kemanusiaan di Seminar Nasional di UI

,

Jakarta – Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) mengisi materi di Seminar Nasional Palestina, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kajian Timur Tengah dan Islam (HIMA KTTI UI), pada Jum’at (19/8/2022). Berlokasi di Gedung IASTH, Universitas Indonesia, Kampus Salemba KNRP sampaikan pentingnya membangun solidaritas kemanusiaan untuk Palestina.

Hadir Sekretaris Jendral KNRP, Suhartono TB., Lc., MA sebagai pemateri seminar nasional HIMA KTTI UI. Suhartono mengatakan, KNRP merupakan lembaga kemanusiaan yang berupaya memberikan bantuan untuk rakyat Palestina. KNRP berusaha melakukan upaya memberikan bantuan, people to people, dari rakyat Indonesia ke rakyat Palestina.

“Artinya kita menganut diplomasi total, bahwa yang mewakili Indonesia bisa dari masyarakat Indonesia sendiri,” ujar pria yang pernah menyalurkan langsung bantuan ke Jalur Gaza.

Seminar ini dihadiri juga oleh Mantan Wakil Presiden Indonesia Dr. (H.C) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla dan Pendiri Gerakan BDS (Boikot, Divestasi dan Sangsi) Omar Barghouti sebagai keynote speaker. Narasumber lain yang mengisi materi dalam kegiatan ini yaitu Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Bagus Hendraning Kobarsyih, M.Si, Ketua Program Studi Kajian Wilayah Eropa SKSG UI Dr. Polit Sc. Henny Saptatia D.N. dan pendiri Nusantara Palestina Center (NPC) Abdillah Onim. Seminar tersebut dipandu langsung oleh moderator dari mahasiswa KTTI UI, Pangeran Arsyad Ihsan Nulhaq, Lc.

Lebih lanjut, Suhartono menyampaikan harapan dan cita-cita yang sejalan dengan beberapa narasumber lainnya. Yakni terciptanya perdamaian dan kemerdekaan diseluruh tanah Palestina dari praktek penindasan dan penjajahan.

“Ada 4 hal yang mesti jadi perhatian kita, diantaranya masalah tawanan, hak kembali bangsa Palestina ke tanah airnya, penghentian blokade Jalur Gaza dan kemerdekaan seluruh tanah Palestina,” tambah Suhartono.

Kegiatan ini berakhir pada pukul 6 sore, dan ditutup dengan pemberian cinderamata dari penyelenggara ke seluruh pembicara. (knrp/wm)

Gelar Pelatihan Da’i, KNRP Wilayah Jogja Bangun Sinergi dan Edukasi Palestina

Yogyakarta – Dalam rangka membangun sinergi dengan beberapa ormas dan...

Perkuat Kolaborasi Kemanusiaan, KNRP Terima Kunjungan Salam UI

Jakarta – Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) terima kunjungan...