Lukisan Pasir untuk Indonesia, Cara Unik Warga Gaza Di Palestina Rayakan HUT RI

Gaza – Masyarakat kota Gaza, Palestina memiliki cara unik dalam mengirimkan ucapan HUT ke-77 RI. Mereka mengukir pasir di pantai Gaza dengan tulisan berwarna dalam bahasa Indonesia. Hasil karya tersebut lalu direkam dalam ketinggian dengan menggunakan drone.

Menurut Muhammad Thathah, seniman Palestina yang menginisasi karya seni tersebut, warga Gaza mulai bekerja mengukir pasir sejak pukul 5 pagi hingga 11 siang.

“Kami ingin membersama saudara-saudara kami di Indonesia, rakyat dan presiden Indonesia, pada peringatan yang penuh berkah, peringatan Hari Kemerdekaan ke-77. Kami di jalur Gaza, Palestina mengucapkan rasa syukur, selamat, kasih sayang dan penghormatan. Kami katakan pada kalian, semoga sepanjang tahun kalian selalu berada dalam ribuan kebaikan,” tuturnya.

Hampir setiap tahunnya warga Palestina, khususnya Gaza selalu membuat karya seni pasir di pantai Gaza. Muhammad Thathah sendiri merupakan seniman yang cukup berpengaruh di kota yang baru-baru ini digempur oleh Israel tersebut. Selain sebagai aktivis, pria yang kehilangan satu kakinya akibat perang ini juga atlet berprestasi di bidang beladiri.

“Kami sangat terharu dengan apa yang ditunjukkan oleh warga Gaza melalui video yang kami terima ini. Kita punya sejarang panjang dengan bangsa Palestina. Kontribusi mereka sangat besar untuk kemerdekaan Indonesia,” tutur Ketua Komisi Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Suripto di Jakarta (17/8).

Menurutnya, Palestina memiliki peran besar dalam memobilisasi negara-negara Arab untuk mengakui kemerdekaan Indonesia.

“Itulah sebabnya kita punya hutang budi kepada Palestina. Mufti besar Palestina Muhammad Amin Al-Husaini yang mengucapkan selamat atas kemerdekaan Indonesia pada tanggal 6 September 1944, bertepatan dengan janji Jepang saat itu yang akan memberikan kemerdekaan untuk Indonesia.” ujarnya.

Sumber: Elshinta

Gelar Pelatihan Da’i, KNRP Wilayah Jogja Bangun Sinergi dan Edukasi Palestina

Yogyakarta – Dalam rangka membangun sinergi dengan beberapa ormas dan...

Perkuat Kolaborasi Kemanusiaan, KNRP Terima Kunjungan Salam UI

Jakarta – Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) terima kunjungan...