Palestina: israel Tekan Pendonor Tunda Rekonstruksi Gaza

Gaza – Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Palestina, Naji Sarhan pada hari Ahad (22/5/2022), menuduh penjajah israel melakukan tekanan terhadap pihak-pihak pendonor agar menunda proses rekonstruksi, atas bangunan dan infrastruktur yang dihancurkan penjajah israel, pada agresi Mei 2021 lalu, seperti yang dilansir oleh laman situs aa.com.tr, Ahad (22/5/2022).

Dalam konferensi persnya di kantor penerangan pemerintahan di Kota Gaza, Naji Sarhan mengatakan, 20 persen rumah yang hancur total telah dibangun kembali. Sedangkan rumah yang hancur sebagian mencapai 70 persen. Ia menjelaskan, pencapaian rekonstruksi di sektor infrastruktur tidak melebihi rekonstruksi di sector lainnya. Menurutnya, hal tersebut tidak sepadan dengan jumlah infrastruktur yang dihancurkan oleh penjajah israel, selama agresi Mei 2021 lalu.

Ia menambahkan, sektor ekonomi dan pertanian belum mencapai hasil dalam proses rekonstruksi. Menteri Palestina ini melaporkan, adanya kelemahan pada jumlah pendanaan proses rekonstruksi, dibandingkan dengan kebutuhan yang dibutuhkan. Menurut Kementerian Pekerjaan Umum Palestina, total kerugian materi yang disebabkan oleh agresi Mei 2021, mencapai 420 juta dolar. Kementerian tersebut melansir, total unit rumah yang hancur total mencapai sekitar 1.700 unit  dan yang hancur sebagian yaitu sekitar 60 ribu unit. (wm/fh/knrp)

Gelombang Pertama Jamaah Haji Palestina dari Gaza Berangkat ke Makkah

Gaza – Gelombang pertama jamaah haji Palestina dari Gaza pada...

1.300 Unit Rumah yang Hancur di Gaza Masih Menunggu Rekonstruksi

Gaza – Direktur Umum untuk Rekonstruksi dan Urusan Direktorat Kementerian...