Lantai Mosaik Milik Era Bizantium Ditemukan di Jalur Gaza

Jalur Gaza – Petani Palestina Sulaiman Al-Nabaheen menemukan lantai mosaik di era Bizantium, saat melakukan pekerjaan bertaninya di lahannya, yang berlokasi di kamp pengungsian Al-Bureij, Jalur Gaza Tengah, seperti yang dilansir oleh laman situs aa.com.tr, Senin (19/9/2022). Al-Nahabeen menjelaskan, penemuan ini terjadi saat ia sedang meneliti penyebab pohon-pohonnya yang mati sekitar 6 bulan lalu, di lahan pertaniannya.

Ia menambahkan, keterkejutannya dengan gambar-gambar mosaik dan memperluas penggaliannya hingga ditemukan lantai yang luas, yang berisikan berbagai gambar hewan, seperti angsa, bebek, rubah dan kelinci. Ia menyampaikan, telah memberitahukan hal ini kepada Kementerian Pariwisata dan Purbakala mengenai warisan Palestina yang wajib dilestarikan.

Kementerian Pariwasata dan Purbakala Palestina di Jalur Gaza pada hari Sabtu (17/9/2022) mengatakan, penemuan awal situs arkeologi ini membuktikan adanya lantai mosaik yang berisi ikon binatang yang berasal dari era Bizantium dan gambar di mosaik itu, menunjukkan kehidupan sosial pada saat era tersebut. (knrp/wm)

Larangan Masuknya Peralatan Medis Membahayakan Pasien Palestina di Jalur Gaza

Gaza – Kementerian Kesehatan Palestina pada Senin (21/11/2022) memperingatkan, bahwa...

Bahan Perbaikan Kapal Nelayan Pertama Kali Masuk ke Jalur Gaza Sejak Tahun 2007

Gaza – Otoritas penjajah israel pada Ahad (13/11/2022), mengizinkan masuknya...