Lembaga HAM: israel Harus Hentikan Pelanggarannya ke Penyandang Disabilitas

knrp.org – Gaza. NGO Pusat Hak Asasi Manusia Palestina, pada hari Kamis (2/12/2021), menyerukan organisasi-organisasi internasional dan kemanusiaan agar memaksa penjajah israel, menghentikan pelanggaran-pelanggaranya terhadap orang-orang penyandang disabilitas Palestina, seperti yang dilansir oleh laman situs aa.com.tr, Kamis (2/12/2021).

Hal ini disampaikan dalam laporannya saat memperingati hari internasional untuk penyandang disabilitas, yang jatuh pada tanggal 3 Desember setiap tahunnya dan disetujui oleh PBB pada tahun 1992. Lembaga ini meminta organisasi-organisasi internasional dan kemanusiaan memaksa penjajah israel, untuk mematuhi konvensi-konvensi internasional.

lembaga ini menyatakan, pasukan penjajah israel pada tahun ini, membunuh 4 orang disabilitas Palestina, 3 orang diantaranya dibunuh saat agresi ke Jalur Gaza pada bulan Mei lalu, sementara 1 orang lainnya dibunuh, di pos pemeriksaan Qalandia, bagian timut laut kota Al-Quds terjajah.

Menurut data Biro Pusat Statistik Palestina pada tahun 2017, total penyandang disabilitas mencapai sekitar 93 ribu orang, 2,1 persen dari total populasi warga Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Jalur Gaza menderita kondisi ekonomi dan kehidupan yang sangat buruk, akibat blokade yang terus menerus dilakukan penjajah israel sejak tahun 2007. (wm/fh)

UNRWA Desak Penyelidikan Kematian Pengungsi Palestina Akibat Gas israel

New York – Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi...

Tawanan di Penjara israel Menderita Kedinginan Akibat Kekurangan Selimut

Ramallah – Asosiasi Tawanan Palestina pada Kamis (27/1/2022), mengatakan bahwa...